Thursday, January 28, 2010

Mas Is

Pertanyaan: Kesulitan Dalam Meningkatkan Kunjungan ke Situs

Inbox hari ini datang dari saudara Agung, dengan pertanyaan yang paling sering di ajukan, pertanyaan yang udah sering juga aku bahas di blog ini, coba deh pake fasilitas search di bawah untuk nyari-nyari artikel lama yang pernah membahas maslah ini.

Saya seorang pemula di internet, saya sangat tertarik untuk belajar “mencari uang di internet” seperti Anda,
Pertanyaan “saya kesulitan dalam meningkatkan kunjungan ke situs saya,… gmn caranya ya… mohon saran dan bimbingan.

Satu hal paling yang sering dilupakan oleh orang-orang yang membuat web/blog adalah adalah tujuan dasar dari membuat web/blog itu sendiri. Cobalah bertanya pada diri kita sendiri, kita bikin web/blog untuk siapa? untuk apa?

Untuk siapa? ini adalah pertanyaan pertama yang harus kita jawab sendiri, semestinya khan kita bikin blog untuk di baca orang dengan harapan orang memperoleh pengetahuan dan informasi dari apa yang kita tulis. Makanya saya sering bilang, kalo pengen web/blog visitornya banyak, buat lah sesuatu yang berguna buat orang lain, yang bisa bikin template ato themes ya bikin, bisa bikin tutorial ya bikin. Intinya adalah kita bikin web/blog untuk untuk di baca orang, kalo apa yang tulis/buat itu unik dan berkualitas maka visitor akan sering datang dan result di search engine juga akan lebih baik, jadi posting… posting… dan posting aja, orang bilang content is king !

Untuk apa?, pertanyaan kedua berhubungan dengan tujuan akhir membangun web/blog, misalnya untuk mendapatkan penghasilan. Tujuan akhir bisa tercapai apabila pertanyaan pertama bisa terjawab dan bisa anda kerjakan dengan maksimal ! bukan sebaliknya !! keuntungan/penghasilian dari web/blog akan semakin meningkat seiring dengan meninggatnya kunjungan/visitor.

Saya ambil contoh website mas Agung sendiri www.website-murah.net, ketika pertama kali saya buka, liat menu dan halaman depannya saja saya langsung tutup, kenapa? saya tau anda jualan “Membuat Website Murah”, tetapi yang anda tawarkan tidak menarik buat saya, mungkin juga buat orang lain. Seandainya halaman depan website anda isi dengan artikel dan tips-tips menarik, misalnya step-by-step bagaimana cara membuat website, apa saja yang perlu diperhatikan dalam men-design sebuah website, apa yang perlu disiapkan dalam membangun website dll, kemungkinan saya akan lebih berlama-lama di website anda. Saran saya tambahkan blog di website anda, isi dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan “Membuat Website Murah”, selain lebih dinamis, konten web bertambah dan apa yang anda jual kemungkinan untuk ditemuka di search engine lebih besar. Selain itu anda akan dikenal sebagai orang yang memang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Silahkan anda buka website anda sendiri, posisikan anda sebagai visitor website tersebut, tanyalah pada diri anda sendiri, apakah orang lain akan percaya anda bisa membuat website bagus? benarkah yang anda tawarkan? apakah benar murah? hasilnya bagaimana? siapa orang di balik ini? dan pertanyaan-pertanyaan lain akan muncul ketika orang membuka website anda.

Saya bandingkan dengan kawan Jauhari, ketika dia menawarkan layanan membuat themes kastom untuk wordpress dengan jaminan valid, seo friendly dll, saya akan langsung percaya walaupun sebelumnya nggak pernah ketemu, dan saya yakin orang lain akan percaya. Kenapa? karena sepak terjangnya sudah diketahui banyak orang sebagai pembuat themes wordpress dengan jumlah download ribuan kali. Orang tau dia memang kompeten di bidangnya, maka lebih mudah untuk membuat orang percaya. Apa yang dia katakan mengenai wordpress themes akan lebih dipercaya orang di bandingkan saya yang lebih dikenal sebagai pembuat template blogspot, demikian pula sebaliknya :D .

Kesimpulannya adalah buat kontent bagus, unik dan berguna buat orang lain maka visitor akan datang dengan sendiri, sekali lagi.. konten.. konten.. dan konten !!

Tumben banget kali ini bisa posting pannnnnjaaaaangggg :D semoga bermanfaat !

Note: buat mas Agung, kalo anda keberatan dengan paragrap yg membahas website anda, silahkan komentar dan saya akan hapus paragraph tersebut. Dan maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan.

No comments: